Minggu, 05 November 2017

Sepuluh Budaya Tari Di Indonesia

Budaya Tari Indonesia, Budaya Tari Bali, Cerpen Budaya Tari, Fenomena Budaya Tari, Gambar Budaya Tari, Artikel Budaya Tari Indonesia, Budaya Tari Tradisional Indonesia, Budaya Tari Jawa Timur, Budaya Tari Jawa Tengah, Budaya Tari Jawa Barat.

meta data gambar


Budaya merupakan salah satu kebiasaan yang sering di gunakan dari zaman nenek moyang hingga sekarang. Di Negara Indonesia budaya sangatlah bermacam-macam mulai dari suku, budaya, ras, daerah dan kepercayaan agama. Walaupun berbeda-beda hubungan yang terjalin antar kebudayaan itu dapat berjalan tanpa ada hambatan yang dapat membawa dampak negative bagi semua, hal ini pastinya di karenakan oleh “Bhineka Tunggal Ika” yang mana dari makna kata itu sendiri merupakan keberagaman kelompok. Berikut ini beberapa tarian yang telah menjadi budaya ada di Negara kita.




      Tari Seudati (Nangro Aceh Darusalam)

Provinsi yang di juluki dengan serambi mekah ini memiliki kebudayaan tari yang khas, dan pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Tari seudati, tarian asal provinsi ini merupakan tarian dinamis  yang penuh dengan suasana agama islam. Tarian ini pastinya bkan hanya orang-orang Aceh saja yang tahu, pastinya semua masyarakat Indonesia telah mengetahui tari seudati khas Aceh ini.


Masih tetap berada di provinsi Aceh yaa.., tari saman pastinya tidak kalah terkenalnya dengan tari seudati. Tarian ini juga masih kental dengan nuansa agamanya, kita pastinya telah banyak tahukan bagaimana tarian satu ini. Sering kali tari di gunakan saat efent-efent di sekolah juga. Tarian ini selain butuh kekompakan juga butuh kecepatan untuk menggerakan. Karena dimana saat irama tari cepat gerakan yang di lakukan saat menari juga harus cepat




3.       Tari Kecak (Bali)

Setelah kita mengorek tarian dari ujung barat Negara Indonesia, kini kita beralih ke Bali. Tari kecak, tarian ini merupakan salah satu tari yang menjadi ciri khas pulau dewata selain pemandangan pantai yang sangat fenomenal. Tari ini bercerita tentang tokoh pawayangan bala tentara monyet dan Hanoman dari kitab Ramayana. Biasanya tarian di buat pertunjukan saat matahari akan tenggelam, sehingga sangat memberikan kesan eksotis yang enjadi ciri khas provinsi Bali.

4.       TarianPendet (Bali)

Selain tari kecak provinsi Bali juga memiliki tarian lain loo.. yaitu tari pendet. Tari ini awalnya merupakan tari untuk pemujaan dan banyak di peragakan di pura. Tarian ini awalnya di jadikan lambing untuk menyambut turunnya dewata kea lam dunia. Namun, semakin berkembangnya zaman tari ini dalam seni Bali di jadikan ucapan selamat datang  walaupun demikian tari ini tetap mengandung unsur sacral-religius.

5.       Tari Reog Ponoroga (Jawa Timur)

Dari Bali kita meloncat sedikit ya berada di provinsi Jawa Timur, Tari Reog merupakan tari yang pastinya sudah sangat familiar dan identic dengan reognya yang besar. Tari ini dulunya di gunakan untuk perayaan hari-hari besar daerah jawa timur. Tetapi kini orang-orang bukan hanya saat hari besar saja dapat menikmati tari reog melainkan di acara-acara lain seperti pagelaran budaya ataupun lainnya tarian ini juga sering menjadi salah satu pilihan.

6.       Tari Serimpi (Jawa Tengah)

Tari serimpi tarian merupakan tarian klasik yang berasal dari Djogja tari ini di mainkan oleh bebrapa wanita cantik nan anggun. Tarian ini sangatlah pelan  dan lembut yang melambangkan kesopanan dan kelembutan. Tarian ini bersifat skral awalnya di tampilkan di dalam keraton saja tetapi sekarang tarian ini sekarang sudah mulai di tampilkan di acara-acara seerti untuk menyambut tamu.

7.       Tari Topeng (Jakarta)

Tarian topeng betawi berasal dari Jakarta tarian ini sering di gunakan di saat ada acar-acar seerti di saat hajatan, menurut kepercayaan mereka tari ini dapat menghindarkan dari mala petaka. Kini tarian ini sudah sering di jadikan pertunjukan saat menyambut tamu-tamu agung.

8.       Taria Lenso (Sulawesi Utara)

Tari lenso berasala dari Sulawesi Utara tepatnya berada di Maluku tari ini di mainkan secara beramai-ramai. Kata lenso sendiri di ambil dari bahasa setempat yang artinya sapu tangan tarian ini biasanya dimainkan saat di acara pernikahan, panen cengkeh, tahun baru ataupun kegiatan lainnya.

Itulah pembahasan singkat mengenai beberapa tarian yang ada di Negara kita semoga artikel bisa menjadi wawasan anda, adapun tarian-tarian lain budaya yang ada di Indonesia seperti berikut.

9.       Tari Tradisional Bedhaya Ketawang
11. Tari Gambyong (Surakarta)
12. Tari Beksan Wireng  (Jawa Tengah)
13. Tari Kuda Lumping (Jawa Tengah)
14.  Tari Kethek Ogleg (Jawa Tengah)
15. Tari  Merak (Jawa Barat)
66.  Tari Ketuk Tilu (Bogor)


Yuk Berbudaya Indonesia kids jaman now jangan malas-malasan ya?.Demikian artikel mengenai budaya tari di Indonesia yang bisa menambah pengetahuan anda. Terus lestarikan budaya-budaya Indonesia agar tidak punah terutama bagi anda para pemuda-pemudi Inddonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Yang Diunggulkan

Batik Kesenian Khas Indonesia

Edn Culture Batik, Edn Culture Khas Indonesia, Edn Culture Batik Malang, Edn Culture Pasuruan, Budaya Indonesia Edn Culture, Budaya Indonesi...