Minggu, 19 November 2017

Nelayan Indonesia


Budaya Nelayan Indonesia Artikel, Budaya Nelayan Indonesia Bersatu, Budaya Nelayan Indonesia Fakta, Budaya Nelayan Indonesia Forum, Budaya Indonesia Hari, Budaya Nelaya Indonesia Harapan, Budaya Nelayan Indonesia Jadi Sorotan Dunia, Budaya Nelayan Indonesia Jaya, Budaya Nelayan Indonesia Masyarakat, Budaya Nelayan Indonesia Perhimpunan
 Nelayan Indonesia 

Negara Indonesia dikenal dengan sebutan Negara Maritim hal ini pastinya bukan perkataan yang asing lagi di masyarakat Indonesia. Indonesia memang memiliki banyak kepulauan, pulau-pulau ini bukan hanya di jadikan salah satu identitas atau ciri dari Negeri kita. Namun, denga banyaknya pulau ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia, bagi sebagian masyarakat Indonesia yang memiliki pemukiman di arean pesisir pantai kebanyakan masyarakatnya bermata pencaharian sebagai seorang Nelayan.
Dari kesederahanaan mata pencaharian ini menjadi turun-menurun sehingga timbul sebuah Budaya Nelayan Indonesia. Biasanya para nelayan dan tepatnya bersama masyarakat yang tinggal di dekat pantaimemiliki kebiasaan untuk melakukan sedekah laut, yang artinya itu merupakan salah satu bentuk rasa syukur karena dapat memberikan kehidupan bagi masyarakat sekitar. Biasanya rasa syukur.
MasyarakatIndonesia mengenal istilah sedekah laut sudah cukup lama bahkan sebelum Agama Islam masuk ke tanah kita. Masyarakat Indonesia kuno atau pada zaman dahulu yang mempercayai Science of Religion atau lebih di kenal dengan istilah animism, dynamisme, fetisisme, politisme dan sebgian masyarakat Indonesia lain memeluk Agama Hindu-Budha. Mempercayai adanya kekuatan supernatural yang mengasai alam semesta berupa dewa, seperti lautan (Varuna) dan menguasai bumi (Pertiwi)
Dalam pelaksanaan Tradisi sedekah laut mengandung nilai-nilai yang dapat di jadikan sebagai tolak ukur peningkatan penghasilan laut, seperti.
meta data


Saat melakukan sedekah laut, semakin meriah perayaan yang di adakan olehmasyarakat sekitar masyarakat berarti menandakan bahwa perekonomian yang di alami oleh masyarakat semakin meningkat. Masyarakat sekitar pastinya juga memiliki harapan agar perekonomian yang mereka jalani akan terus selalu meningkat. 

meta data
2.       Nilai Sosial

Nilai social yang terkandung pastinya sudah sangatlah terlihat bahkan pada masyarakat yang masih awam. Karena saat proses pelaksanaan sedekah laut tidak mungkin hanya beberapa orang saja yang melakukan. Pastinya acara ini memerlukan banyak orang untuk bergotong royong melakukan menggelar pelaksanaannya.

3.       Nilai Agama

Tradisi turun temurun yang di lakukan oleh masyarakat ini pastinya diadakan juga sebagai symbol rasa syukur kepada Tuhan YME. Dengan semakin majunya zaman masyarakat sekitar pastinya juga akan mengerti dengan agama yang di anutnya sehingga mereka mengakulturasi budaya tetapi tetap harus dengan memberikan dampak yang positif dan tanpa membuang salah satu cirikhas yang di miliki.


Seiring berkembangnya zaman bukan terjadi pada akulturasi budaya saja, tetapi juga membwakan dampak yang tidak diinginkan pula oleh masyarakat sekitar. Seperti persoalan social yang telah kita ketahui banyaknya pabrik-pabrik yang telah ada di Indonesia sehingga limba pabrik di buang ke area laut dimana hal ini dapat kita logika secara sederhana dapat menjadikan ikan-ikan yang seharusnya dapat berkembang menjadi mati. 
meta data



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Yang Diunggulkan

Batik Kesenian Khas Indonesia

Edn Culture Batik, Edn Culture Khas Indonesia, Edn Culture Batik Malang, Edn Culture Pasuruan, Budaya Indonesia Edn Culture, Budaya Indonesi...